Kamis, 07 Mei 2015

Sistem Ekonomi Indonesia

     Setiap negara mustahil bergerak tanpa adanya segala hal yang berkaitan dengan kegiatan perekonomian. Oleh itu setiap negara pasti memiliki sistem ekonominya masing-masing yang disesuaikan berdasarkan kondisi dan ideologi dari masing-masing negara tersebut tanpa terkecuali negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk lebih jelas tentang sistem ekonomi Indonesia, marilah kita ulas dari hal yang paling mendasar.
·         Pengertian Sistem
Sistem adalah suatu kumpulan fungsi-fungsi yang menjadi satu kesatuan untuk melakukan tujuan atau tugas tertentu.
·         Pengertian Sistem Ekonomi
 Sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur jalannya fungsi-fungsi dalam kegiatan perekonomian pada setiap negara ditujukan untuk mensejahterahkan warga negaranya yang disesuaikan dengan kondisi dan ideologi negara yang bersangkutan.
·         Jenis-Jenis Sistem Ekonomi
1.        Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi yang masih sangat sederhana dengan mengandalkan tenaga manusia berdasarkan yang kebiasaan, adat istiadat, dan alam. Jadi sistem ekonomi tradisional ini adalah sistem ekonomi yang dijalankan dengan cara tradisi sesuai pola pikiran yang masih tradisional.
2.        Sistem Ekonomi Terpusat atau Komando
Sistem ekonomi terpusat atau komando atau sosialisme adalah sistem ekonomi yang segala pengaturan perekonomian dan masalah perekonomian di suatu negara dilakukan oleh pemerintah.
3.        Sistem Ekonomi Pasar
Sistem ekonomi pasar atau kapitalisme adalah sistem ekonomi berdasarkan sistem ekonomi pasar dimana interaksi antara permintaan dan penawaran suatu barang yang kegiatannya tergantung pada kekuatan modal yang dimiliki oleh setiap individu.
4.        Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran merupakan suatu tata cara kehidupan perekonomian yang dikendalikan dan diawasi oleh pemerintah, tetapi masyarakat masih mempunyai kebebasan untuk menentukan kegiatan-kegiatan ekonomi yang ingin mereka jalankan.


Lalu apa sistem ekonomi yang dianut oleh Indonesia? Sistem ekonomi Indonesia adalah  demokrasi ekonomi atau ekonomi Pancasila. Sistem ekonomi ini menjadikan masyarakat Indonesia berperan aktif dengan kegiatan perekonomian, dan pembangunan. Kegiatan produksi yang dilakukan juga untuk usaha bersama demi kepentingan bersama. Pemerintah pun berkewajiban dalam memberikan bimbingan, petunjuk, motivasi dan pemberi tanggapan positif mengenai perekonomian Indonesia. Pada sistem ekonomi ini juga melarang adanya eksploitasi pada perekonomian baik yang dilakukan masyarakat maupun pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar