Kamis, 07 Mei 2015

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia

             
Apa kalian tahu apa yang dimaksud dengan Korps Sukarela? Korps Suka Rela atau sering disebut KSR adalah suatu himpunan yang berisikan suka relawan yang bergerak di bidang kemanusiaan dalam naungan Palang Merah Indonesia. Banyak orang saat ditanyakan apa itu Palang Merah Indonesia, mereka menjawab organisasi yang  berhubungan dengan donor darah. Palang Merah Indonesia sebenarnya tidak hanya bergerak dalam bidang donor darah, tetapi juga dalam bidang bencana alam, pertolongan pertama, penyatuan orang hilang pasca bencana, dapur umum, pendidikan remaja sebaya dan lain-lain. Semua hal diatas dapat terlaksana dengan adanya para sukarelawan yang bergerak kokoh dengan memengang prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional yang berisi : 1. Kemanusiaan 2. Kesamaan 3. Kenetralan 4. Kemandirian 5. Kesukarelaan 6. Kesatuan 7. Kesemestaan.
Korps Suka Rela merupakan ujung tombak dab tulang punggung dari organisasi Palang Merah Indonesia. KSR ada pada setiap markas kota di seluruh Indonesia. Saat kita resmi bergabung dengan KSR di salah satu markas kota maka kita sudah menjadi bagian keluarga besar Korps Sukarela di seluruh pelosok Indonesia. Itulah yang saya ketahui mengenai KSR. Saya resmi bergabung dengan KSR PMI Kota Jakarta Timur sejak tanggal 26 April 2015 lalu. Memang belum genap sebulan bergabung namun saya sudah banyak mendapat pengalaman di sini. Menjadi KSR adalah keinginan san sejak saya berada di bangku SMP. Saya mengenal KSR karena saya mengikuti ekstra kurikuler Palang Merah Remaja(PMR) waktu itu. Dari materi yang saya dapat di PMR memotivasi saya untuk menjadi relawan seutuhnya di organisasi Palang Merah Indonesia. Saat saya memenuhi syarat umur yang ditentukan saya mendaftar menjadi KSR PMI Jakarta Timur.
Untuk menjadi KSR ada bbeberapa tahapan sebelum resmi bergabung, kita harus mengikuti tes fisik dan interview, saat lolos tes kita akan mengikuti pendidikan dasar KSR selama kurang lebih 4bulan, setelah pendidikan dasar kita menjalankan orientasi lapangan yang disimulasikan seperti bencana alam untuk menguji semua ilmu yang didapat pada pendidikan dasar, setelah semua tahapan di atas selesai dijalankan dengan lancar barulah kita dilantik untuk bergabung secara resmi di KSR PMI. Setelah resmi bergabung maka kita dapat ditugaskan untuk tugas suci kemanusiaan di seluruh Indonesia bahkan di dunia Internasional. Bukan imbalan yang kami inginkan, melainkan kemanusiaan dan perasaan suka hati dari setiap tindakan yang kami lakukan pada setiap orang tanpa pandang bulu.

I Am Volunteer of PMI East Jakarta, What About You? Let's Join Us For Humanity

Tidak ada komentar:

Posting Komentar