Jumat, 17 Oktober 2014

Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini



Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi penguasa ekonomi Asia dengan kekayaan sumber daya alamnya. Lalu, bagaimana kondisi perekonomian Indonesia?

Pada tahun 2013 lalu, Indonesia masih akan mengadakan konsumsi dalam negeri dan investasi untuk menggenjot pertumbuhan ekonominya. Semua itu terjadi dalam kondisi perekonomian global yang tidak menentu dan dikarenakan konstribusi ekspor belum bisa diharapkan akibat permintaan global yang sedang menurun. Banyak pengusaha tidak lagi memproduksi barang tetapi mereka lebih suka untuk menjadi pedagang atau importir. Importir lebih menarik dan menguntungkan daripada berproduksi di domestik. Meningkatnya impor dapat beresiko negatif pada perkembangan ekonomi dewasa ini. Perihal ini di karenakan beberapa besar bahan baku untuk rata-rata industri di Indonesia dipenuhi dari impor, layaknya halnya seperti bahan bakar serta industri non bahan bakar.

Namun, ekonomi Indonesia saat ini optimis pertumbuhan ekonomi yang meningkat. Dengan pertumbuhan dan pendapatan nasional yang semakin meningkat kita dapat melihat perkembangan dan kemajuan kita pada negara lain. Dengan pendapatan nasional per tahun Indonesia mampu memberikan kemajuan. Ekonomi makro yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi saat ini. Salah satu pertumbuhan ekonomi itu dapat dilihat dengan permintaan domestik masih akan menjadi penopang utama kinerja perekonomian. Selain itu, ekspor dan impor, serta investasi. Di lihat dari sedikit perekonomian makro dibidang perbankan ini dapat kita rasakan pertumbuhan ekonomi itu meningkat. Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi sepanjang triwulan I-2011 masih akan tumbuh tinggi, yakni di kisaran 6,4 persen. Sehingga, sepanjang tahun ini, perekonomian Indonesia diproyeksikan tumbuh di kisaran 6-6,5 persen.

            Indonesia merupakan negara yang kaya. Harus diakui bahwa masih banyak sumber daya milik Indonesia yang belum dimanfaatkan secara maksimal atau bahkan malah justru pihak asing yang berhasil mengeksploitasi kekayaan alam Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu masalah ekonomi Indonesia. Berikut ini adalah beberapa masalah ekonomi Indonesia seperti pengangguran, ekonomi biaya tinggi, kelangkaan bahan pokok, dan tingginya suku bunga perbankan. Untuk memajukan perekonomian di Indonesia ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja. Kita juga sebagai generasi muda yang suatu saat akan memimpi negeri kita ini patut ikut ambil bagian dalam hal ini. Seperti mendirikan usaha-usaha karya atau mengasah kemampuan kita demi perekonomian Indonesia yang lebih baik lagi kedepannya.

Sumber            :
http://darelsyawal.blogspot.com/2013/04/nama-darel-akhir-syawal-21212717-kelas.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar