Ada 4 fungsi utama dalam manajemen, yaitu :
1. Perencanaan (Planning),
2. Pengorganisasian (Organizing),
3. Pengarahan (Actuating/Directing),
4. Pengawasan (Controlling)
1. Perencanaan (Planning),
2. Pengorganisasian (Organizing),
3. Pengarahan (Actuating/Directing),
4. Pengawasan (Controlling)
1. Fungsi
Perencanaan
Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan
organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja
organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen
karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan
pengontrolan tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana
informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan
tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana
tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi
dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota
korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan
rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi
ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus
dilakukan.
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan di universitas :
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan di universitas :
·
Universitas
menetapkan tujuan dan target yang dituju
·
Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
·
Menetapkan standar/indikator keberhasilan
dalam pencapaian tujuan dan target.
2. Fungsi
Pengorganisasian
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian di universitas :
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian di universitas :
·
Mengalokasikan
sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
·
Menetapkan
struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab.
Contohnya : rektor, dewan pertimbangan, dewan pengawas, dll
·
Kegiatan
perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga
kerja
·
Kegiatan
penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
3. Fungsi
Pengarahan dan Implementasi
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam
organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan
tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi di universitas :
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi di universitas :
·
Mengimplementasikan
proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada staff-staff
kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam
pencapaian tujuan
·
Memberikan
tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan masing-masing bagian
·
Menjelaskan
kebijakan yang ditetapkan di dalam universitas tersebut
4. Fungsi
Pengawasan dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang
telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai
dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam
lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian di universitas :
Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian di universitas :
·
Mengevaluasi
keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target universitas sesuai dengan indikator
yang telah ditetapkan
·
Mengambil
langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
·
Melakukan
berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian
tujuan dan target